Laman

10 September 2014

Menikmati Kekayaan Kuliner Khas Sulawesi di Serpong




Sulawesi terkenal dengan kulinernya yang beragam dan lezat, Makanya saya tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi menu masakan khas Sulawesi kali ini. Summarecon Mal Serpong mengadakan Festival Kuliner Serpong 2014 dengan tema ‘’ Sulawesi Nyamanna’…Pe Sadap’’. Festival Kuliner Serpong 2014 diadakan di area parkir selatan Summarecon Mal Serpong.  Acara berlangsung dari tanggal 5 Agustus sampai dengan 7 September 2014. Dan kebetulan saya baru bisa hadir pada acara ini di hari terakhir, yaitu hari minggu tanggal 7 September 2014 kemarin.

Tentunya saya sangat gembira ketika mengetahui Summarecon Mal Serpong mengadakan festival seperti ini, memang dari tahun ke tahun tema yang diadakan selalu berbeda-beda dan unik. Dan kali ini, Summarecon Mal Serpong membawa kuliner khas Sulawesi yang begitu kaya dan lezat. Wah saya sangat bersemangat!

Atmosfir Sulawesi Yang Sangat Terasa


Memasuki kawasan Festival, saya dibuat takjub dengan atmosfir Sulawesi yang sangat kental. Aneka tenant memakai bilik yang dibuat menyerupai rumah adat. Lalu ada  panggung yang bentuknya menyerupai Kapal khas Sulawesi, yaitu Kapal Pinisi. Tidak lupa juga ada bangunan Mercusuar di tengah-tengah area festival yang sangat unik.Rasanya Summarecon Mal Serpong dalam sekejap berubah menjadi Pulau Sulawesi.


Tempat duduk pun nampaknya sudah dipersiapkan penyelenggara festival dengan sangat baik, karena terdapat banyak tenda yang bisa melindungi kita dari hujan jika sewaktu-waktu turun hujan. Sistem pembayaran yang digunakan dengan menggunakan kartu yang bisa kita top up, dan untuk sisa uang yang tidak habis kita pakai, uang tersebut bisa di refund. Praktis sekali bukan?

Pilihan Makanan Khas Sulawesi Terlengkap



Sekarang, mari kita membicarakan bintang utamanya, yang tentu saja aneka masakan lezat khas Sulawesi yang sudah saya cicipi. Tersedia berbagai macam jenis masakan di Festival Kuliner Serpong 2014 ini. Sebut saja nama-nama seperti Lumpia Sulawesi, Baji Pamai pangsit mie ujung pandang, Rumah Kopi by Celebes, Ikan Tude Bakar Rica Oma En dan masih banyak lagi. Tapi selain masakan khas Sulawesi, di festival ini juga ada berbagai macam tenant masakan lain yang juga tidak kalah enak, dan tentu saja dengan aneka macam jajanan yang sering kita temui di festival.  Yuk langsung saja kita bahas menu utamanya.

Mie Cakalang by Rumah Palem
Mie Cakalang Kuah
IDR 25K


Ini adalah pertama kalinya saya mencicipi mie kuah dengan topping ikan cakalang. Mie yang digunakan adalah mie yang cukup tebal dan besar, mie direbus sampai kenyal lalu ditambahkan potongan sawi hijau dan ikan cakalang suwir diatasnya. Tidak lupa juga dilengkapi sambal dan jeruk nipis agar rasanya makin segar. Jujur saja saya sangat suka tesktur mienya yang tebal dan paduan ikan cakalang dengan kuahnya. Selain menyegarkan, rasanya pun tidak amis dan cukup mengenyangkan.

Sop Konro Karebosi Cabang Kelapa Gading


Sop Konro
IDR 33K

Jangan ditanya betapa cintanya saya terhadap Konro, buat saya menu masakan sop konro dan konro bakar adalah hidangan khas Makassar yang paling wajib untuk dicoba. Konronya empuk dan dagingnya cukup banyak, apalagi dinikmati dengan kuahnya yang gurih dan seporsi nasi putih hangat,mantap! Tapi sepertinya kali ini saya mesti antri agak panjang untuk mendapatkan seporsi konro, karena antrian di Sop Konro Karebosi ini sangat panjang, wah tidak apa lah yang penting kerinduan saya terhadap konro terobati.

Konro Bakar
IDR 33K

Lain lagi dengan Konro bakar, daging iga yang empuk ini dibakar terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu kacang, tidak afdol rasanya jika kita memakan konro bakar menggunakan sendok dan garpu. Karena bagi saya cara terbaik menikmati Konro bakar adalah dengan tangan. Puas sekali rasanya mencicipi dua hidangan konro yang sangat lezat ini.

Pisang Goreng Sambal Roa dan Bubur Manado


Pisang Goreng sambal Roa
IDR 5K/potong

Pisang yang dipakai adalah pisang kapok kuning yang dibalut dengan adonan tepung pisang yang sedikit manis lalu disajikan dengan sambal roa. Awalnya saya ragu apakah rasanya akan enak atau tidak. Tapi ternyata keraguan saya terjawab, rasanya enak! pisangnya sangat cocok dipadukan dengan sambal roa yang pedas. Cocok sekali sebagai cemilan di sore hari ternyata.

Bubur Manado
IDR 13K ( small )

Sebelumnya, saya belum pernah mencicipi bubur manado dan ini adalah pertama kalinya untuk saya. Bubur Manado yang kali ini saya coba ternyata sangat fresh alias baru saja dibuat. Wah saya sangat bersemangat untuk segera mencicipinya. Buburnya sendiri berisikan  ubi jalar, labu kuning, daun kangkung, daun kemangi, dan jagung muda. Bubur ini berwarna kekuningan dan mempunyai rasa yang sangat khas menurut saya. Dan tentu saja rasanya sangat lezat.

Ikan Tude Bakar Rica Oma En
Ikan Tude Bakar Rica
IDR 25K

Selain menjual ikan tude bakar, Oma En juga menyediakan ikan cakalang dan bobara. Tapi saya sangat penasaran dengan ikan tudenya, jadi saya akhirnya memutuskan untuk membawa pulang satu ikan tude bakar untuk dirumah. Ikannya sendiri berukuran medium dengan daging yang cukup empuk, apalagi dimakan dengan nasi putih panas serta dicolek ke sambal rica dan sambal kecapnya, Wah mantap sekali rasanya. Ternyata keputusan saya untuk membawanya pulang tidak mengecewakan.

Mapalus Kukis Manado


Lalampa
IDR 8K

Jika Panada memakai adonan menyerupai donat, Lalampa sendiri menyerupai lemper tetapi berbentuk lebih panjang dan isinya sendiri sama dengan Kue panada, yaitu ikan Cakalang. Campuran antara ketan dan ikan cakalang ternyata luar biasa enak.

Selain Lalampa, Mapalus Kukis Manado juga menyediakan Kukis ala Manado lainnya seperti Balapis, Apang, Cucur, Panada dan yang lainnya.

Hanna’s Klappertart


Klappertart Keju( tanpa rhum )
IDR 22K


Saya tidak terlalu menyukai klappertart mungkin karena bau rhumnya yang kuat. Tetapi di Hanna’s Klappertart ini juga terdapat Klappertart tanpa rhum dan low fat. Rasanya enak sekali, lembut dan terasa potongan buah kelapa mudanya, apalagi diatasnya terdapat parutan keju yang cukup banyak.

Rumah Kopi By Celebes


Es Kopi+Creamer
IDR 10K

Campuran dengan creamer yang membuat rasanya tidak terlalu pahit maupun terlalu manis. Rasa kopinya juga cukup kuat dan membuat saya segar.Walaupun panas siang itu lumayan terik, tapi es kopi ini mampu membuat saya melek kembali.
Es Kopi+Susu
IDR 12K

Hampir sama dengan yang memakai creamer, hanya saja rasa manis susunya lebih terasa dan cocok sekali untuk para wanita yang cenderung lebih menyukai kopi dengan rasa manis susu.

Terima Kasih Festival Kuliner Serpong


Keseluruhannya, itulah berbagai macam menu makanan khas Sulawesi yang sudah saya coba, tentu saja saya sangat puas dengan petualangan kuliner kali ini. Masakan khas Sulawesi sangat beragam dan kaya bumbu yang lezat, dan yang pasti saya tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi untuk menikmatinya bukan?

Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini memberikan pengalaman tersendiri yang menyenangkan untuk saya, semoga di lain waktu pihak Summarecon Mal Serpong akan mengadakan festival lagi dengan jenis kuliner yang lebih banyak lagi. Sampai berjumpa di festival selanjutnya.


Salam Hangat
Buby Sofia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...