Halaman

1 November 2012

Pempek Gaby

Pempek? pasti  tidak asing dengan nama makanan khas suatu daerah di indonesia yang bernama palembang , ya tidak dipungkiri pempek memang makanan khas palembang yang sangat terkenal di indonesia , berbahan dasar sagu dan ikan , pempek disajikan dengan kuah cuka yang cita rasanya pedas dan menggigit . Jika kita berkunjung ke kota Palembang,tidak ‘afdol ‘ rasanya jika kita tidak membeli pempek palembang . Di palembang sendiri dimana-mana terdapat banyak penjual pempek , dan semuanya enak . Kenapa saya tau ? karena saya juga orang palembang , dan semua penjua pempek di palembang itu enak , tak ada satu pun yang tidak enak , tidak percaya ? buktikan saja.

Jika di palembang kita bisa menemukan penjual pempek dimana saja , lain dengan di jakarta,hanya sedikit penjual pempek yang rasanya benar-benar enak , saya tidak tau kenapa tapi rasa pempek yang kita beli di palembang dengan di jakarta itu jauh sekali perbedaannya . Apa memang komponen ikan nya dikurangi atau seperti apa saya juga kurang paham , Biasanya pempek dibuat dari ikan tenggiri dan banyak macamnya. Contohnya kapal selam,pempek lenjer,pempek adaan,pempek kulit,pempek bakar,lenggang panggang dan banyak versi lainnya . Selain itu yan khas dari palembang juga ada model,tekwan,mie celor,pindang ikan , wah kalau saya sebutkan semua bisa menetes air liur saya. Dan salah satu tempat pempek enak yang saya temukan di jabodetabek adalah Pempek Gaby. Karena selain memang pempek nya enak , banyak variasi yang ditawarkan dan yang paling penting ramah di kantong saya .

Pempek Gaby sendiri sudah banyak bermunculan cabangnya dimana-mana , dan tentunya dekat rumah saya juga , terletak di harapan indah,bersebelahan dengan warung soto pak gendut dan berseberangan dengan Pizza hut delivery bekasi. tempat makan yang di dominasi warna –warna terang ini selalu ramai dipadati pelanggan , baik weekdays atau weekend , saya tidak pernah melihat tempat ini sepi,selalu ramai . Diatas meja-meja pun terdapat cuka dan sambal yang kita bisa ambil sendiri. Tempatnya cukup rapi dan bersih. Walaupun tempatnya agak kecil dan kursi-kursinya sendiri terbatas . tidak mengurungkan niat saya sore itu sepulang kerja untuk bernostalgia dengan kampung halaman.

Area parkir dan tampak depan


Area Parkir

Model

Model
belum tau apa itu model ? pasti bertanya-tanya kan dalam hati? tenang saja , saya pasti akan membagi info dulu sebelumnya ke openricers semua,Model adalah suatu jenis makanan khas palembang yang didalamnya terdapat isian 1 buah pempek tahu , potongan timun , dan kuah . Kuah nya sendiri adalah kuah yang biaanya digunakan untuk tekwan juga , jadi jangan heram kalau di dalam model biasanya ada irisan bengkuang nya . dan justru disitulah enaknya menurut saya . Apalagi ditambah sedikit sambal hijau , alamaak mau 3 porsi pun aya siap menghabiskannya . rasa dari pempek tahu yang ikannya lumayan kuat menjadi ringan ketika bercampur dengan kuah tekwan yang bening dan harum , apalagi potongan timun menambah segar kuah tersebut . didalam pempek sendiri terselip tahu basah yang enak . 1 porsi sendiri juga sudah cukup mengenyangkan ( oke kecuali saya ) . Yah yang pasti ini juga salah satu menu favorit saya hehehe


Pempek keriting dan kulit

Pempek keriting+kulit
Pempek keriting bahannya sama dengan pempek lenjer atau kapal selam,bedanya bentuknya menyerupai kerupuk yang belum digoreng , alias keriting . Seperinya adonannya digiling terlebih dahulu lalu dibentuk . rasanya enak banget . Kalau Pempek kulit,bahannya dari kulit ikan . Biasanya bagian kulitnya masih ada sisa daging ikan . Bentuknya bundar dan jika digoreng warnanya kecoklatan . Kedua pempek ini enak-enak,rasanya nagih dan membuat saya ingin membelinya lagi .

Cuka dan sambal

Cuka dan sambal
ya tentu saja saya masih ingat kapasitas perut kok. openricers tinggal menambahkan cuka dan sambal hijau , lalu taraaaa pempek yang nikmat sudah jadi.


Es jeruk


well,tadinya saya mau pesan es kacang merah nya, tapi dipikir-pikir lagi saya memang ga doyan kacang merah , Jadi saya pilih zona aman saja , yaitu satu gelas es jeruk . Tapi not too bad . Jeruknya enak,soalnya diperes dulu,dan bulir-bulir jeruknya masih tersisa . Rasanya pedas menyengat dari sambal langsung ternetralisir dengan baik.

Untuk pelayananya , kita datang ke counter , lalu tinggal sebut apa saja pesanan kita , dengan cepat pelayan mengambilkan menu yang kita mau dan kita tinggal membawanya ke meja kasir . Kenapa begitu ? karena pempek disini sudah digoreng sebelumnya . agar kandungan minyaknya bisa lebih dikurangi , tapi tenang saja openricers , karena disini ramai , pempek nya selalu fresh dan biasanya masih panas . Di meja kasir , sang pelayan akan menghitung harga makanan yang kita bawa dan kita bisa memesan minum disitu . Mudah bukan? Pelayanannya juga ramah dan cepat , jadi kita bisa langsung santap tanpa harus meneteskan air liur terlebih dahulu

Untuk kebersihan,lumayan bersih , Tapi kadang saya sering melihat lalat menghinggapi meja , ya saya ama maklum,karena kondisi tempat makan yang ada di area outdoor , toiletnya bersih dan makanan nya teratata dengan rapi di counter nya.

B
agi  yang menyukai aneka masakan dan panganan khas palembang , pempek gaby ini wajib coba , selain harganya yang murah , rasanya yang enak . Pempek gaby juga dapat mengobati rasa rindu akan kampung halaman ( lebay ) Tapi memang iya , untuk rasa memang pempek ini juara daripada peaing-pesaingnya . Selain itu gaby juga ada di samping stasiun kranji bekasi , dan di depan stasiun utama bekasi ( tepatnya di bulan-bulan ) . tempatnya persis di pinngir jalan raya , tapi buat saya sendiri saya lebih suka Gaby cabang harapan indah , karena terletak di dalam ruko,jadi tidak banyak polusi dimana-mana . Selain itu jika sore hari , angin yang bertiup lumayan menyejukkan . tapi jika openricers tidak cepat Biasanya diatas jam 5 Lenggang panggang sudah bersih alias habis,nanti di review berikutnya mungkin akan saya bahas tentang lenggang panggang , Jadi jangan sampai kehabisan . Selamat mencoba

Pempek Gaby
Ruko Bulevar Hijau Blok SN No. 21A (Taman Harapan Indah), Bekasi, Jawa Barat 17131

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...